Minggu, 29 Mei 2011

tilang elektronik

Nama : Cesar Syasmarushanda
Npm : 21210532
Kelas : 1EB12

Tilang Elektronik

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah topik yang berjudul “Tilang Elektronik”. Tilang elektronik adalah sebuah solusi baru yang sudah mulai dilakukan pada awal april 2011. Tilang elektronik ini diharapkan bisa mengurangi jumlah pelanggaran lalu lintas di Ibu kota Jakarta, meskipun baru beberapa tempat tertentu yang sudah mulai diberlakukan. Sepertinya hal ini dapat direspon baik oleh masyarakat Ibu Kota.
Karena setiap hari jumlah pelanggar lalu lintas semakin hari semakin meningkat jumlahnya. Seperti menyerebot lampu merah, melanggar rambu-rambu lalu lintas yang sudah terpasang di jalan-jalan Ibu Kota dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pihak dari kepolisian mempunyai sebuah jalan alternatif atau solusi yang baik yaitu Tilang Elektronik. Sistem tilang ini adalah menggunakan sensor yang ada disetiap lampu merah. Apabila ada pengendara roda dua atau roda empat maka sensor ini akan bekerja secara otomatis dan juga mengggunakan kamera jadi setiap yang melanggar tidak dapat menghindari kesalahannya. Karena akan tertangkap kamera dan hasilnya akan terkirim ke NTMC Polda Metro Jaya. Sehingga akan cepat terproses datanya dari pihak Polda.
Seperti di Jl.MH.Thamrin, Jakarta Pusat, sepertinya hal ini sudah mulai mendapat respon yang baik dari para pengendara yang melalui jalan ini. Karena jumlah pelanggaran di jalan ini sudah mulai berkurang secara perlahan. Para pengendara yang melalui jalan ini akan tertib berlalu lintas karena adanya sistem tilang elektronik ini, para pengendara sadar apabila mereka melanggarnya maka akan mendapat tilang yang terekam di sensor dan kamera yang ada di jalan ini.
Sistem tilang elektronik ini akan menjadi sebuah solusi yang sangat baik untuk mengurangi pelangaran-pelanggaran lampu merah yang dapat merugikan diri sendiri dan tentunya juga merugikan orang lain.
Kita berharap sekali sistem tilang elektronik ini sudah mulai dapat diberlakukan di tempat lainnya, guna mengurangi pelanggaran dijalan-jalan yang belum berlaku sistem tilang elektronik ini. Sehinngga Ibu Kota Jakarta akan tertib berlalu lintas dan juga angka kecelakaan dapat juga berkurang. Karena pelanggaran lalu lintas juga menjadi salah satu penyebab kemacetan di jakarta.
Dan juga para pengendara sadar akan tat tertib berlalu lintas sehingga sistem tilang elektronik ini dapat berjalan dengan efektif dan lancar. Oleh karena itu, antara para pengendara roda dua atau roda empat diharapkan kerja samanya agar sistem ini dapat memberikann dampak yang positif bagi semua warga jakarta.
Itulah pembahasan topik yang kali ini dapat saya berikan dan semoga dapat memberikan manfaat untuk yang membacanya.

0 komentar:

Posting Komentar