Minggu, 29 Mei 2011

pengangguran

Nama : Cesar Syasmarushanda
Npm : 21210532
Kelas : 1EB12

PENGANGGURAN


Pengangguran atau yang disebut juga tuna karya adalah sebutan untuk orang yang tidak bekerja sama sekali atau orang yang sedang mencari pekerjaan. Pengangguran disebabkan karena jumlah para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang ada. Para pekerja yang terlalu banyak sedangkan lapangan pekerjaannya sedikit sehingga tidak dapat menampung. Dan juga para pekerja yang kurang memiliki skill yang baik sehingga banyak yang tidak sesuai dengan kemampuannya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian, karena dengan adanya pengangguran produktivitas masyarakat akan berkurang sehingga timbul berbagai masalah seperti kemiskinan, yang akhirnya mendorong untuk melakukan tindakan kriminalitas. Dan juga berbagai masalah sosial lainnya.
Pengangguran kini menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi pemerintah, karena bagimana caranya agar pengangguran dapat berkurang setiap tahunnya. Pemerintah juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang cocok dan layak bagi para pencari kerja. Sehingga kemiskinan dan kriminalitas bisa berkurang. Sampai saat ini belum ada solusi yang tepat untuk mengatasi pengangguran dan angka pengangguran rata-rata mengalami peningkatan.
Selain itu juga pengangguran dapat menyebabkan psikologis seseorang menjadi buruk, karena mereka memikirkan agar tetap bisa hidup dan memenuhi kebutuhan keluarganya sedangkan mereka pengangguran dan tidak ada lapangan pekerjaan yang mampu menampung bagi para penganggur. Harga sembako yang terus naik menambah efek psikologis yang buruk bagi para penganggur. Sekarang-sekarang ini banyak yang bunuh diri karena masalah ekonomi. Yang rata-rata adalah pengangguran.

Jadi kita memang harus berfikir dan fokus untuk bisa mengatasi masalah pengangguran ini, karena dari dulu sampai sekarang belum ada solusi yang pas akan masalah yang serius ini. Karena pengangguran akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi dinegara kita ini.
Jenis dan Macam Pengangguran
a. Pengangguran musiman, yaitu keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiatan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus menganggur.
b. Pengangguran friksional, yaitu pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu, informasi, dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran kerja
c. Pengangguran siklis, yaitu pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih kerja daripada penawaran kerja.
Pengangguran umumnya juga disebabkan karena jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang mampu menyerapnya. Ketiadaan pendapatan menyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkan turunnya tingkat kesejahteraan dan kemakmuran.
Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan politik, keamanan, dan sosial. Akibat jangka panjang adalah menurunnya GNP dan pendapatan perkapita disuatu Negara.
SUMBER : GOOGLE & WIKIPEDEIA

0 komentar:

Posting Komentar