Minggu, 21 Oktober 2012

SDM Harus Mampu Topang Pertumbuhan Ekonomi


JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia harus mampu dibarengi dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM). Semakin tingginya pertumbuhan tentunya harus diiringi dengan peningkatan kualitas SDM.

 Menko perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan bahwa dalam Masterplan Percepatan dan. Menjelaskan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Indonesia ditargetkan masuk jajaran 10 besar negara dengan ekonomi terbesar pada 2025.

 "Saat itu terjadi, maka GDP Indonesia akan mencapai USD4,5 triliun dengan pendapatan perkapita masyarakat sebesar USD16 ribu per orang," katanya di Jakarta.

 Hatta menambahkan, untuk mewujudkannya maka diperlukan sekira 25 ribu lulusan perguruan tinggi dan ribuan teknokrat yang berkualitas pada masa itu. "Karena untuk mewujudkan hal tersebut harus diiringi peningakatan kualitas SDM kalau itu tidak dijalankan dari sekarang maka akan terjadi ketidaksingkronan," tambahnya.

 Menurut survei lembaga internasional Mckenzie Indonesia tercatat sebagai negara Indonesia mampu meningkatkan perekonomiannya hingga tiga kali lipat selama 10 tahun terakhir mengalahkan negara-negara maju seperti Inggris dan Amerika.

 "Kuncinya jangan sampai Indonesia terjebak dalam midle trap income atau pemasalah yang dikenal sebagai jebakan tidak berkembangnya kelas menengah di suatu negara,"kata dia.

ANALISIS

 Semakin tingginya suatau pertumbuhan ekonomi maka harus diiringi oleh peningkatan kualitas SDMnya. Karena apabila kualitas SDMnya rendah dan pertumbuhan ekonomi terus meningkat maka dampak yang didapat adalah bisa saja terjadi penurunan pertumbuhan ekonominya. Maka dari itu kita harus bisa membuat kualitas SDM itu tinggi. Agar antara pertumbuhan dan kualitas SDM yang ada itu seimbang.
 Oleh karena itu, para generasi muda yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi harus benar-benar berkualitas nantinya, agar kulaitas SDM yang kita miliki tinggi. Jangan sampai setelah lulus nanti generasi-generasi ini hanya mengandalkan ijazah mereka saja tanpa mempunyai  kemampuan dalam dirinya, Ini yang harus kita hindari.


0 komentar:

Posting Komentar