Minggu, 21 Oktober 2012

Kadin : Strategi Pembangunan Ekonomi Daerah


Keberhasilan atas pencapaian pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif tinggi, menjadikan dua tantangan yang besar bagi Indonesia. Tantangan tersebut yakni menjaga pertumbuhan ekonomi agar tetap tinggi dan berkualitas guna penyediaan lapangan kerja serta pemerataan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan yang lebih baik.

 Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) telah menetapkan sasaran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini dijelaskan oleh Ketua Kadin, Suryo Bambang Sulisto mengenai pemberdayaan ekonomi dan pembangunan daerah “Pertama, penguatan pelaku-pelaku usaha di daerah agar terjadi keseimbangan ekonomi dan kesatuan ekonomi nasional yang berimbang” kata Suryo.

 Kedua, strategi percepatan pembangunan infrastruktur daerah juga menjadi prioritas utama. Aspek strategis ini dianggap penting karena perkembangannya sektor infrastruktur sangat lamban. “Saat ini saja, dengan infrastruktur yang minim pertumbuhan kita cukup tinggi apalagi ditunjang dengan infrastruktur yang baik, mungkin pertumbuhan kita bisa terbang” ujarnya.

 Terakhir, strategi pengembangan investasi dan ekspor daerah. “Keduanya merupakan sumber pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan (sustainable source of growth)” kata Suryo. Bahwa pengusaha Indonesia harus mampu berselancar dalam arus globalisasi yang semakin lama semakin besar dengan memanfaatkan kerjasama internasional dengan tepat. “Kerjasama daerah dengan internasional melalui investasi harus dilakukan secara cerdas, bekerja sama tanpa harus kehilangan pengendalian atas kepemilikan aset-aset nasional,” jelasnya.

 Suryo juga menegaskan pemerintah juga perlu mendorong investasi dan menciptakan efisiensi dan produktivitas ekonomi dalam negeri untuk meningkatkan daya saing produk ekspor daerah agar menjadi tujuan pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional yang berkualitas dapat tercapai.

ANALISIS


Sangat baik sekali atas hal yang disampaikan oleh KADIN tersebut. Karena untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional maka yang dilakukan adalah dengan  pemberdayaan ekonomi dan pembangunan daerah. Tujuan ini dilakukan adalah untuk terjadinya kesimbangan ekonomi dan kesatuan ekonomi nasional. Agar tujuan ini tercapai adalah dengan perepatan pembangunan infrastruktur yang saat ini lamban dalam pembangunannya sehingga kurang mendukung didaerah tersebut. Karena kalau infrastuktur yang lamban maka pemberdayaan dan pembangunan daerah juga tidak baik dan lamban. Pemerintah juga harus turut dalam tujuan ini yaitu dengan mendorong investasi dan menciptakan efisiensi dan produktivitas ekonomi dalam negeri untuk meningkatkan daya saing.

http://wartaekonomi.co.id/berita5725/kadin--strategi-pembangunan-ekonomi-daerah.html

0 komentar:

Posting Komentar