Senin, 02 Januari 2012

April, Mobil Plat Hitam Siap-siap Beralih ke Gas

April, Mobil Plat Hitam Siap-siap Beralih ke Gas

Setelah tertunda bertahun-tahun, pemerintah akhirnya akan membatasi pemakaian premium mulai April mendatang. Nantinya, pemilik mobil berpelat hitam tidak bisa lagi membeli premium. Bensin subsidi hanya diperuntukkan bagi mobil berpelat kuning. Jika tidak ingin membeli pertamax, Anda pemilik mobil plat hitam disarankan menggunakan gas.

Dengan kebijakan ini, pemilik kendaraan berplat hitam harus menggunakan pertamax atau beralih ke gas dengan menggunakan converter pada kendaraan.

"Ada konverternya dan kalau pakai gas Rp 4.100 lebih murah dari 4.500. Opsi itu ada, tapi bertahap. Karena infrastruktur kita bertahap. Pemerintah tentu menyediakan opsi-opso itu," kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Pemilik mobil menanggapi beragam kebijakan itu. Pertamina juga mengatakan siap menyalurkan gas ke masyarakat. Namun Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Muhammad Harun mengatakan, pihaknya masih menunggu Perpres dari pemerintah

"Kalau memang 1 April, sekarang kita menunggu perpres dari pemerintah seperti apa. Nanti kita tinggal jalani saja," ujarnya.

Menurutnya, jika memang April berarti masih ada waktu tiga bulan untuk menyiapkannya. "Saya pikir itu untuk cukup bagi kita untuk menyiapkan sarana dan prasarana. Kedua adalah dari sisi sosialisiasi baik pada pemilik SPBU, pemilik operator tentang aturan. Tentunya yang paling penting kepada masyarakat, supaya mereka memahamai apakah berhak menggunakan bahan bakar subsidi atau nonsubsidi," jelasnya.

Pemerintah membatasi penggunaan premium karena subsidi bahan bakar ini melonjak tiap tahun. Pada 2012 ini, dari anggaran belanja pemerintah yang mencapai Rp 1.435 triliun, 51 persennya habis untuk belanja rutin, seperti gaji PNS dan subsidi energi yang diperkirakan mencapai lebih dari Rp 250 triliun.

SUMBER : http://berita.liputan6.com/read/370383/april-mobil-plat-hitam-siap-siap-beralih-ke-gas

0 komentar:

Posting Komentar