Rabu, 18 Juni 2014

Tugas Softskill 4 Akuntansi Internasional

Nama   : Cesar Syasmarushanda
Npm    : 21210532
Kelas   : 4EB16

SOAL!
1.      Apa yang menyebabkan terjadinya persaingan global?

JAWAB :
Penyebab terjadinya persaingan global adalah sebagai berikut :
·     1. Penurunan tarif
·       2.   Penurunan kuota
·       3.  Hambatan – hambatan perdagangan bebas
·      4.   Perbaikan sistem transportasi global
·      5.  Meningkatnya kecanggihan pasar dunia
Faktor-faktor inilahyang  berperan mengurangi biaya perdagangan internasional dan membuat perusahaan asing mampu berkompetisi dengan perusahaan lokal. 

SOAL!
2.      Sebutkan Negara – Negara yang disebut sebagai surga pajak?

JAWAB :
            1. Malaysia                              7. Cina                                                
            2. Bermuda                             8. Swiss
            3. Cayman islands                   9. Kanada
            4. India
            5. Taiwan
            6. Swedia     
                          
SOAL!
3.      Sebutkan dan jelaskan mengenai harga transfer?

JAWAB :
Masalah penentuan harga transfer dijumpai dalam perusahaan yang organisasinya disusun menurut pusat-pusat laba, dan antar pusat laba yang dibentuk terjadi transfer barang atau jasa. Latar belakang timbulnya masalah harga transfer dapat dihubungkan dengan proses diferensiasi bisnis dan perlunya integrasi dalam organisasi yang telah melakukan diferensiasi bisnis.

Menurut Mulyadi harga transfer memiliki peran ganda yaitu :

1.      Harga transfer mempertegas diversifikasi yang dilakukan oleh manajemen puncak. Harga transfer menetapkan dengan tegas hak masing-masing manajer divisi untuk mendapatkan laba. Dalam penentuan harga transfer, masing-masing divisi yang terlibat merundingkan berbagai unsur yang membentuk harga transfer, karena akan berdampak terhadap laba yang dipakai sebagai pengukur kinerja mereka

2.      Harga transfer berperan sebagai salah satu alat untuk menciptakan mekanisme integrasi. Harga transfer mendekatkan dua atau lebih divisi yang semula melakukan bisnis secara independent”

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa harga transfer memberikan solusi yang baik bagi para manajer divisi untuk memanfaatkan kesempatan dan potensi internal yang mereka miliki sebagai otonomi divisi untuk meningkatkan laba masing-masing divisi, karena besar kecilnya laba tiap divisi atau unit usaha akan dapat memperlihatkan kinerja masing-masing divisi atau unit produksi tersebut. Selain itu juga harga transfer merupakan salah satu alat untuk menciptakan mekanisme integrasi, dimana harga transfer memberikan cara untuk menyatukan beberapa divisi atau unit usaha untuk bekerjasama didalam satu perusahaan

Pengertian, Karakteristik dan Tujuan Harga Transfer

Menurut Mulyadi
”Dalam arti luas harga transfer meliputi harga produk atau jasa yang ditransfer antara pusat pertanggungjawaban. Dengan demikian pengertian harga transfer meliputi semua bentuk alokasi biaya dari departemen produksi dan harga ”jual” produk yang ditransfer antar pusat laba. Dalam arti sempit harga transfer merupakan harga barang dan jasa yang ditransfer antar pusat laba dalam perusahaan yang sama”

Menurut Bambang Hariadi
“Harga transfer merupakan pertukaran barang dan jasa antar divisi dalam suatu organisasi yang sama dengan tujuan untuk diproses lebih lanjut”.

Menurut Abdul Halim
“Harga transfer adalah nilai produk atau jasa dipertukarkan (diperjualbelikan) antar pusat pertanggungjawaban didalam perusahaan”.

Menurut mulyadi rekaya harga transfer memiliki 3 karakteristik yaitu :

a.  Masalah harga transfer hanya timbul jika divisi yang terkait diukur kinerjanya berdasarkan atas laba yang diperoleh dan harga transfer merupakan unsur yang signifikan dalam membentuk biaya penuh
b. Harga transfer selalu mengandung unsur laba di dalamnya
c.  Harga transfer merupakan alat untuk mempertegas diversifikasi sekaligus mengintegrasikan divisi yang terbentuk .

Menurut Supriyono tujuan harga transfer sebagai berikut :

(1) Memberikan informasi yang relevan bagi para manajer

(2) Mencapai keselarasan tujuan

(3) Mengukur kinerja ekonomi divisi

(4) Mengukur kinerja divisi

(5) Sederhana dan mudah

Tujuan harga transfer sebisa mungkin harus dicapai, karena dengan tercapainya tujuan harga transfer tersebut akan mengurangi masalah-masalah yang timbul. Oleh karena itu, harga transfer harus memotivasi para manajer divisi untuk bertindak sebagaimana berrfungsi sebagai manajer perusahaan yang terpisah.

Metode Penetapan Harga Transfer
Banyak metode penentuan harga transfer yang digunakan, namun tidak ada harga transfer yang sempurna. Setiap metode mempunyai keunggulan sekaligus memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan metode harga ttransfer lainnya.

1.  Metode harga transfer berdasarkan harga pasar (market based transfer price), yaitu harga transfer yang harus dibayar oleh unit usaha apabila unit usaha tersebut membeli barangnya dari pemasok luar, dimana harganya itu ditentukan oleh pasar. Apabila terdapat pasar eksternal bagi barang atau jasa yang ditransfer, maka harga pasar merupakan dasar yang sesuai bagi penetapan harga barang atau jasa yang ditransfer antar pusat pertanggungjawaban.

2.  Metode harga transfer berdasarkan biaya cost based transfer price, yang mensyaratkan bahwa seluruh transfer berdasarkan biaya yang akan dipertimbangkan adalah: (1) biaya penuh (2) biaya penuh ditambah mark up, dan (3) biaya variable ditambah biaya tetap.

Kamis, 12 Juni 2014

BURGER TEMPE



Nama    : Cesar Syasmarushanda
Npm      : 21210532
Kelas     : 4EB16
BURGER TEMPE

Dewasa ini perkembangan dunia masakan semakin luas karena muncul berbagai macam makanan tiap harinya. Dimana tujuannya hanya satu yaitu menciptakan makanan yang sehat namun dapat dijangkau dari segala kalangan.

Makanan yang kini sering dikenal seperti fastfood terkadang memiliki beberapa kelemahan, seperti kolesterol tinggi, obesitas dan masih banyak lagi. Oleh karena itu kami memunculkan solusi dalam memecahkan kasus ini yaitu “Burger Tempe”.

Burger tempe adalah burger yang dibuat untuk vegetarian, menggunakan tempe sebagai pengganti daging sapi atau ayam, akan tetapi Burger Tempe ini tidak kalah lezatnya dengan Burger Ayam dan burger sapi. Burger Tempe merupakan makanan baru dan memiliki cita rasa yang tidak kalah dari makanan lainnya yang tergolong mahal seperti sphagetti dan pizza. Selain itu burger tempe juga dibuat dari bahan yang tergolong relative murah dan mudah diperoleh yaitu tempe dan roti.

Disamping itu nama burger yang Dikenal sebagai makanan khas luar neger membuat masyarakat akan merasa tertarik dengan hadirnya Burger Tempe Asli Indonesia. Telah banyak kita jumpai dan banyak yang di jual di masyarakat yaitu burger Daging dengan penawaran harga yang cukup mahal, tetapi kita belum pernah menjumpai makanan yang bernama “burger tempe”. Menarik, unik dan mengundang rasa penasaran dalam diri masyarakat.

MENUJU PILPRES 2014



Nama   : Cesar Syasmarushanda
Npm    : 21210532
Kelas   : 4EB16
MENUJU PILPRES 2014
Pesta demokrasi akan segera dimulai, 9 juli 2014 nanti seluruh masyrakat Indonesia akan menggunakan hak pilihnya  untuk menentukan pemimpin negeri ini untuk 5 tahun kedepan. Tentunya kita sebagai warga Negara yang baik harus bisa menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin. Jangan sampai kita tidak menggunakan hak pilih kita karena nanti hak suara kita disalah gunakan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini ada dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk peroide 2014 – 2019. Kita harus memilih sesuai dengan hati kita, jangan terpengaruh oleh orang – orang untuk memilih salah satu dari dua capres dan cawapres ini. Karena kita mengharapkan pemimpin yang bisa memimpin negeri ini lebih baik lagi dari sebelumnya dan juga memajukan bangsa Indonesia. 

Dua pasangan capres dan cawapres ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Sehingga kita harus bisa memantapkan hati kita untuk memilih jangan percaya dengan kampanye hitam ( black campaign ) yang beredar dikalangan masyarakat, dimedia televisi, dan juga media social. Karena menjelang pemilihan presiden rawan sekali dengan kampanye hitam yang menyudutkan sisi negatif dari salah satu capre dan cawapres.  Saat ini banyak sekali beredar kampanye hitam dari kedua pasangan capres dan cawapres ini. Ada yang percaya dan juga yang tidak percaya dengan kampanye hitam ini. Kampanye hitam ini dilakukan demi merebut suara banyak dari rakyat, tetapi tentu merugikan pasangan capres dan cawapres . 

Kita sangat tidak mengaharapkan dengan adanya kampanye hitam ini, para pendukung dari keuda capres dan cawapres ini harus bisa melakukan persaingan yang sehat dan bersih. Jangan melakukan kampnye hitam yang bisa merugikan kita semua. Karena kita masyarakat butuh pemimpin yang lebih baik lagi. Jagan mempengaruhi rakyat dengan informasi – informasi yang belum tentu benar.

Menuju Pemuli 2014



Nama    : Cesar Syasmarushanda
Npm      : 21210532
Kelas     : 4EB16

Menuju Pemuli 2014

Pemilu 2014 sebentar lagi, yaitu tepat pada tanggal 9 April 2014 Pemilihan Umum ( pemilu ) anggota Legislatif dan pada tanggal 9 Juli 2014 Pemilihan Umum ( Pemilu ) Presiden dan wakil Presiden. Tentu ini akan menjadi sebuah tanggung jawab kepada mereka yang terpilih nantinya, mereka akan mengemban amanah yang cukup besar dari rakyat Indonesia.

Namun, apakah mereka ini bisa menjaga amanah dari rakyat Indonesia??? Tentunya ini menjadi pertanyaan besar! Kita sebagai rakyat harus bisa mengevaluasi kinerja para anggota legislatif yang sebelumnya sudah terpilih. Apa yang bisa kita lihat dari kinerja mereka selama ini??? Apa ada dari mereka yang benar – benar peduli dengan rakyat???!!!

Saya sebagai rakyat Indonesia sangat kecewa dengan kinerja anggota legislatif. Mereka hanya  peduli kepada rakyat ketika akan diadakan pemilu legislatif demi meraih suara dan menjadi anggota legislatif. Tapi, setelah mereka terpilih menjadi anggota legislatif mereka seakan lupa mereka itu berada disana dari siapa.
Saya sebagai rakyat Indonesia sangat menyesal telah memilih anggota legislatif. Karena mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri saja. Mereka tidak sepenuhnya menjaga amanah dari rakyat. Salah satunya adalah ketika ada rapat paripurna sebagian besar ada yang tidak menghadiri rapat. Bahkan ada yang dating mereka hanya tertidur pulas saja. Jadi perjuangan mereka ketika berkampanye hanya untuk tidur???.

Dan lagi 9 Juli 2014 nanti kita juga akan memilih presiden dan wakil presiden yang akan memimpin negeri ini. Di media elektronik sudah banyak bermunculan iklan dari para calon presiden dengan tema peduli rakyat. apa mereka peduli dengan rakyat ketika akan pemilu saja?? Kemana mereka sebelum 2014 ini??? Mereka muncul di media hanya baru – baru ini saja Yang seakan mereka benar – benar peduli kepada rakyat. oleh karena itu, kita jangan sampai salah presiden dan wakil presiden dan anggota legislatif nantinya kita demi kemajuan negeri ini dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Jangan sampai kita memilih mereka hanya untuk memperkaya diri mereka sendiri.