Selasa, 19 November 2013

Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ) 2015



Masyakarat Ekonomi Asean ( MEA ) adalah suatu kebijakan yang terwujud dari keinginan – keinginan Negara -  Negara di ASEAN. Hal ini bertujuan untuk bisa mewujudkan ASEAN agar menjadi kawasan perekonomian yang solid dan diperhitungkan dalam kancah perekonomian internasional. Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ) ini baru akan diberlakukan dua tahun lagi yaitu pada tahun 2015 mendatang.
Indonesia sebagai Negara di kawasan ASEAN tentu sangat mendukung kebijakan ini. Karena Indonesia itu sebagai Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di kawasan ASEAN yang merupakan pasar potensial untuk aliran masuk barang, jasa, dan tenaga kerja bagi Negara lain. Indonesia sangat berpotensial dipenuhi oleh barang – barang konsumsi, barang – barang ini memiliki nilai positif untuk para konsumen karena banyaknya alternative pilhannya. Indonesia akan merasakan nilai positif tersebut jika barang – barang indonesialah yang mampu menginovasi di Negara – Negara kawasan ASEAN.
Selain itu juga, wilayah Indonesia yang sekitar 95% adalah wilayah perairan, tentu hal ini memiliki potensial untuk pengembangan pada sektor perikanan. Tetapi, untuk mewujudkan sektor yang potensial ini tentu perlu didukung dari beberapa hal dan juga perlu mendapat dukungan dari pihak – pihak terkait.
Maka dari itu mari kita terus dukung dan kembangkan wilayah Indonesia yang sangat kaya dengan alam. Banyak wilayah Indonesia yang sangat berpotensial untuk dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi untuk berkunjung ke Indonesia. Manfaatkan sektor Indonesia ini agar dapat memajukan Indonesia di kawasan ASEAN.


0 komentar:

Posting Komentar