Selasa, 20 Desember 2011

Koperasi Penting Bagi Masyarakat Indonesia

Nama : Cesar Syasmarushanda
Npm : 21210532
Kelas : 2EB08


Koperasi Penting Bagi Masyarakat Indonesia


Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi berlandaskan kegiatan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berasakan kekeluargaan.
Keberadaan koperasi di Indonesia sangat penting bagi masyarakat yang menengah dank rang mampu. Karena dengan adanya koperasi dapat membantu perekonomian mereka yang dapat membantu kehidupan sehari-hari mereka.
Terutama koperasi simpan pinjam. Koperasi ini memberikan layanan pinjaman bagi masyarakat yang membutuhkan. Sehingga koperasi simpan pinjam sangat membantu rakyat yang kurang mampu untuk dapat memberikan pinjaman berupa materi financial.
Oleh karena itu, apabila tidak ada koperasi mungkin roda kehidupan masyarakat yang kurang mampu lebih cenderung terhambat karena mereka memerlukan pinjaman dana untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Beberapa manfaat kopersi :
1. Di Bidang ekonomi
 Meningkatkan penghasilan angota-anggotanya. Sisa hasil usaha dibagikan kembali kepada para anggotanya sesuai dengan jasa dan aktivitasnya
 Menumbuhkan motif berusaha yang berperikemanusiaan
 Melatih masyarakat untuk menggunakan pendapatannya secara lebih efektif dan membiasakan hidup hemat
 Menumbuhkan sikap jujur dan keterbukaan dalam pengelolaan koperasi
 Menawarkan barang dan jasa yang lebih murah
2. Di Bidang Sosial
 Mendorong anggota-anggotanya untuk memiliki semangat kerja sama dan semangat kekeluargaan
 Mewujudkan hidup masyarakat yang damai dan tentram
 Mendorong terwujudnya aturan yang manusiawi yang dibangun tidak di atas hubungan-hubungan kebendaan tetapi diatas kekeluargaan
Sehingga keberadaan koperasi saat ini harus kita jaga jangan sampai keberadaan koperasi pudar denga munculnya beberapa lembaga terkait lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar