Selasa, 22 Februari 2011

sistem pereknomian

Nama : Cesar Syasmarushanda
Npm : 21210532
Kelas : 1EB12


SISTEM PEREKONOMIAN


A. Pengertian Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi adalah rangkaian organisasi dan juga berbagai instrumen kebijaksanaan yang telah ditetapkan oleh suatu negara untuk mengatasi masalah ekonomi dalam rangka untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dalam sistem ekonomi akan diuraikan masalah pelaksanaan produksi, konsumsi, dan juga distribusi dengan cara yang berbeda-beda di setiap Negara.
Persoalan-persoalan ekonomi pada hakekatnya adalah masalah transformasi atau pengolahan alat-alat pemuas kebutuhan yang berupa faktor-faktor produksi seperti tenaga kerja, sumber daya alam, modal, dan keterampilan untuk menjadi barang atau jasa.
Sistem ekonomi merupakan ilmu ekonomi yang membahas tentang persoalan pengambilan keputusan dalam tata susunan organisasi ekonomi untuk menjawab persoalan-persoalan ekonomi untuk dapat mewujudkan tujuan nasional suatu Negara.
Seorang pakar ekonomi juga menjelaskan sistem ekonomi yang salah satunya adalah Dumairy, sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan, yang selanjutnya adalah dikatakannya bahwa suatu sistem ekonomi tidaklah harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan falsafah, pandangan, dan pola hidup masyarakat tempatnya berpijak. Sistem ekonomi itu merupakan bagian dari kesatuan ideology kehidupan masyarakat disuatu Negara.
B. Macam-macam Sistem Ekonomi

1. Sistem Ekonomi Liberal
yaitu sistem ekonomi yang berdasarkan kebebasan atau persaingan bebas tanpa campur tangan pemerintah. Berikut adalah beberapa cirri-ciri sistem ekonomi liberal, yaitu:
 Perekonomian dikuasai oleh pemilik modal
 Masyarakat bebas mengembangkan usaha
 Tanpa campur tangan pemerintah atau berperan sebagai pelindung dalam perekonomian
 Mengutamakan kepentingan pasar
 Persaingan bebas berlaku resmi

2. Sistem Ekonomi Komando
Yaitu, sistem ekonomi pengaturan dan pengendalian ekonomi yang dilaksanakan sepenuhnya oleh Negara atau pemerintahan pusat. Berikut adalah beberapa cirri-ciri sistem ekonomi komando, yaitu:
 Segala kegiatan ekonomi diatur oleh pemerintah
 Rakyat tidak bebas berusaha sehingga kurang memiliki pilihan
 Hak milik pribadi tidak diakui

3. Sistem Ekonomi Campuran
Yaitu, sistem ekonomi yang dijalankan oleh pemerintah bersama-sama dengan swasta. Berikut adalah beberapa cirri-ciri sistem ekonomi campuran, yaitu:
 Campur tangan pemerintah pada kegiatan ekonomi membantu kestabilan ekonomi
 Pemerintah dapat memusatkan perhatiannya pada proyek-proyek yang membutuhkan modal besar tapi kurang ekonomis
 Tugas pemerintah lebih ringan akibat peran swasta dalam perekonomian
 Kreativitas individu dapat disalurkan karena mereka diberi kebebasan dalam kegiatan ekonomi
4. Sistem Ekonomi Tradisional
Yaitu, merupakan sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional secara turun temurun dengan hanya mengandalkan alam dan tenaga kerja. Berikut adalah beberapa cirri-ciri sistem ekonomi tradisional, yaitu:
 Teknik produksi dipelajari secara turun temurun dan bersifat sederhana
 Modalnya sedikit
 Belum mengenal pembagian kerja
 Masih terikat tradisi
 Pertukaran dilakukan dengan sistem barter
 Tanah sebagai tumpuan kegiatan produksi dan sumber kemakmuran

0 komentar:

Posting Komentar