Senin, 28 Februari 2011

pembangunan ekonomi

Nama : Cesar Syasmarushanda
Npm : 21210532
Kelas : 1EB12

PEMBANGUNAN EKONOMI

Pembangunan ekonomi merupakan peningkatan pendapatan perkapita secara jangka panjang dan meliputi perubahan-perubahan struktur perekonomian dalam rangka meningkatkan output. Jadi, pembangunan ekonomi adalah proses peningkatan pendapatan per kapita penduduk suatu masyarakat dalam jangka panjang. Proses peningkatan ini adalah suatu rangkaian kegiatan untuk melakukan berbagai perubahan. Pembangunan ekonomi tidak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi, pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi dan begitu juga sebaliknya. Suatu Negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil disuatu Negara. dari pengertian diatas, maka unsur utama pembangunan ekonomi, antara lain :
 Proses peningkatan
 Terdapat peningkatan pendapatan per kapita
 Berjalan dalam waktu yang panjang
Berikut adalah proses peningkatan pembangunan ekonomi :
 Komposisi produksi
 Pola penggunaan sumber daya produksi
 Pola pembagian ( distribusi ) kekayaan dan pendapatan di antara berbagai golongan pelaku ekonomi
 Kerangka kelembagaan dalam kehidupan masyarakat secara menyeluruh
 Pola penciptaan peluang kesempatan kerja yang luas dan produktif
Dengan demikian, pengertian pembangunan ekonomi berkaitan dengan perubahan kuantitatif di sector produksi dan pendapatan per kapita serta perubahan kualitatif dalam komposisi kehidupan masyarakat secara menyeluruh. Sasaran pembangunan ekonomi adalah kesejahteraan lahir dan batin untuk seluruh masyarakat, terutama dapat memenuhi kebutuhan pokok sebagai dasar untuk dapat menentukan nasib sendiri hingga tercapai kehidupan masyarakat yang adil dan makmur.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, faktor-faktor ini dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu, faktor ekonomi dan faktor nonekonomi.
1. Faktor ekonomi
 Sumber daya alam, meliputi tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah, keadaan iklim / cuaca, hasil hutan, tambang, dan hasil laut.
 Sumber daya manusia juga menentukan keberhasilan pembangunan nasional melalui jumlah dan kualitas penduduk.
 Sumber daya modal, dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut.
 Keahlian / kewirausahaan, dibutuhkan untuk mengolah bahan mentah dari alam, menjadi sesuatu yang bernilai lebih tinggi.
2. Faktor nonekonomi
 Mencangkup kondisi sosial kultur yang ada dimasyarakat, keadaan politik, kelembagaan, dan sistem yang berkembang dan berlaku.
Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi juga memiliki beberapa perbedaan yang mencangkup keduanya. Berikut adalah perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.
I. Ciri-ciri pertumbuhan ekonomi
 Terjadi peningkatan GNP dan pendapatan perkapita dari tahun ke tahun.
 Terjadi peningkatan potensi investasi
 Penemuan sumber-sumber daya produktif serta dapat dimanfaatkan dengan baik.
II. Ciri-ciri pembangunan ekonomi
 Mengalami peningkatan GNP dan pendapatan per kapita disertai dengan proses pemerataan
 Mengalami perubahan struktur ekonomi, misalnya perekonomian tradisional menjadi perekonomian modern atau perekonomian bersifat agraris menjadi perekonomian industry, perdagangan, dan jasa.
 Terdapat peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata dalam arti tingkat kesenjangan antara masyarakat miskin dan kaya semakin rendah
 Terdapat penemuan-penemuan baru serta penguasaan dan pengembangan teknologi baru.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

keren blognya, bagi-bagi ilmu donk :)

Unknown mengatakan...

Keren sob

www.kiostiket.com

Unknown mengatakan...

blognya cukup membantu ^_^

Posting Komentar