Kamis, 02 Januari 2014

Penerapan Sistem ERP DI Jakarta



Penerapan Sistem ERP di Jakarta

Pemerintah Propinsi DKI Jakarta akan menerapkan sistem ERP ( Electronic Road Pricing ) atau jalan berbayar Di Ibukota guna mengatasi kemacetan yang terjadi di Jakarta mulai tahun 2014 ini.  Penerapan SIstem ERP ini bertujuan agar masyarakat menggunakan alat transportasi umum bukan menggunakan kendaraan pribadi untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Sistem ERP ini diadopsi dari gabungan Singapura dan Stockholm, swedia. 

Rencana penerapan sistem ERP ini diharapkan benar – benar bisa mengurangi kemacetan yang terjadi. Karena kemacetan di Jakarta ini bisa dikatakan sudah cukup parah. Dimana – mana,setiap waktu, setiap hari Jakarta selalu saja macet. Bahkan TOl saja yang katanya bebas hambatan masih sering macet parah. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta udar pristono mengatakan, Tarif sistem ERP ini sekitar Rp 7.000 s/d Rp 21.000 sesuai dengan kepadatan kawasan yang diterapkan oleh sistem ERP ini. Ketika macet maka kawasan ERP akan dinaikan tariff melintasnya. sebaliknya , jika yang melintas sedikit makan tarifnya akan murah. Sistem ini lah yang dipakai di singapura. 

Sistem ERP tahap pertama akan diterapkan dikawasan berpenumpang tiga ( 3 IN 1 ) dan rasuna said, Jakarta selatan.  Kawasan ini dipilih karena dikelilingi oleh tiga koridor bus Transjakarta.

SUMBER : 


0 komentar:

Posting Komentar