Senin, 05 November 2012

jenis-jenis paragraf


Paragraf Generalisasi
Untuk menjadi mahasiswa ekonomi Universitas Gunadarma, syarat utamanya adalah dengan mendaftarkan diri di Universitas Gunadarma tersebut. Akan tetapi, tidak cukup mendaftarkan diri saja. Calon mahasiswa fakultas ekonomi harus lulus Sekolah Menengah Atas ( SMA ) terlebih dahulu, apabila telah lulus SMA maka calon mahasiswa harus menyiapkan beberapa berkas yang diperlukan untuk pendaftaran. Jika semua persyaratan administratif sudah terpenuhi, mereka harus lulus serangkaian tes yang diselenggarakan Universitas Gunadarma. Jadi, memang tidak mudah untuk dapat diterima menjadi mahasiswa Universitas Gunadarma.

Paragraf Analogi
Sesorang yang pandai dalam menuntut ilmu tentu tidak akan selalu benar sama halnya dengan seekor tupai yang pandai melompat. Seekor tupai dikenal dengan pandainya melompat, namun tupai itu dalam melompat tidak akan selalu tidak terjatuh sesekali tupai itu pun akan jatuh juga. Begitu juga manusia, sepandai apapun seseorang tentunya dia tidak akan selalu benar, sesekali orang itu pun pernah salah juga.

Paragraf kausalitas ( sebab-akibat )
Dengan banyaknya pengangguran di jakarta dan juga kebutuhan ekonomi mereka yang mendesak seperti untuk pendidikan, untuk makan sehari-hari dan lain sebgaianya yang tidak bisa mereka penuhi karena tidak ada penghasilan tetap. Akibatnya muncullah tindak kejahatan yang cukup tinggi dijakarta seperti perampokan, pencurian dan lain sebagainya.


0 komentar:

Posting Komentar