Nama : Cesar Syasmarushanda
Npm : 21210532
Kelas : 1EB12
PENGERTIAN BISNIS
Bisnis adalah suatu hal yang banyak digandrungi oleh kalangan masyarakat, bisnis juga tidak memandang baik itu dari kalangan muda ataupun kalangan tua. Karena bisnis itu sifatnya adalah universal. Bisnis juga merupakan suatu usaha untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas dengan suatu tujuan tertentu yaitu mencari keuntungan. Masyarakat yang melakukan bisnis juga bermacam-macam ada yang melakukan bisnis online dan juga bisnis offline dengan berbagai pertimbangan yang mereka pikirkan tentunya dan juga bisnis mana yang lebih suka mereka jalankan. Karena pada umumnya bisnis sudah cukup melekat dalam kehidupan kita olehkarena itu apabila bisnis tidak ada menjalankan tentunya kita serasa sepi dan juga makin maraknya pengangguran, sehingga dengan adanya bisnis orang-orang yang pengangguran bisa tertolong.
Sedangkan di dalam ilmu ekonomi, bisnis itu adalah suatu organisasi yang menjual barang atau juga jasa kepada para konsumen, dengann tujuan untuk mendapatkan laba. Dan secara historis juga kata bisnis itu berasal dari bahasa inggris business. Dari kata busy yang bearti “ sibuk “.dalam artiannya sibuk mengerjakan aktivitas dann mengerjakan yang mendatangkan keuntungan.
Secara etimologi, bisnis bearti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang atau sekelompok orang yang sibuk mengerjakan suatau pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata bisnis itu sendiri mempunyai tiga penggunaan tergantung dari skupnya. Di dalam penggunaan singular kata bisnis itu dapat merujuk kedalam pengertian badan usaha, yaitu hukum, ekonomis, dan teknis. Penggunaan kata bisnis yang lebih luas merujuk ke sector pasar tertentu.misalnya “ pertelevisian”. Dan kata bisnis yang paling luas merujuk kepada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.
Itulah beberapa pengertian bisnis yang dapat saya sebutkan sesungguhnya masih banyak dan lebih luas lagi yang mencangkup dari pengertian bisnis itu sendiri, tergantung dari para masyarakat atau para pengamat bisnis bagaimana mereka mengartikan kata bisnis itu sendiri. Karena setiap orang itu tentu mempunyai pengertian tersendiri dan tidak sama satu dengan yang lainnya.
Di dalam bisnis terdapat beberapa bentuk dari kepemilikan bisnis, meskipun bentuk kepemilikan bisnis di setiap Negara itu berbeda-beda, namun dari sekian banyak bentuknya ada beberapa bentuk yang sudah dianggap umum, yaitu :
• Perusahaan perseorangan : adalah bisnis yang kepemilikannya hanya dipegang oleh satu orang saja. Pemilik perusahaan ini memegang tanggung jawab yang tak terbatas atas hak perusahaan.
• Persekutuan : adalah bentuk bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerja sama mengoperasikan perusahaan itu dengan tujuan untuk mendapatkan profit. Sama halnya dengan perusahaan perseorangan, setiap sekutu memiliki tanggung jawab yang tak terbatas atas hak dari perusahaan. Persekutuan ini sendiri juga dibagi menjadi dua bagian yaitu persekutuan komanditer dan juga persekutuan firma.
• Perseroan : adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan juga diawasi oleh seorang dewan direktur. Berbeda dengan perusahaan perseorangan dan persekutuan, di dalam perseroan setiap pemilik itu memiliki tanggung jawab yang terbatas atas hak perusahaan.
Koperasi : adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melamdaskan kegiatannya berdasarkan dari prinsip koperasi yang sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas kekeluargaan. Koperasi ini sendiri juga mempunyai tujuan, yaitu untuk bisa menyejahterakan anggotannya. Anatar koperasi dan badan usaha lain dapat dibedakan, yaitu karakteristik utama yang membedakannya adalah anggota koperasi itu memiliki identitas yang ganda. Yang di maksud dengan identitas ganda itu sendiri adalah anggota koperasi itu merupakan pemilik dan juga sekaligus menjadi pengguna jasa dari koperasi.
KLASIFIKASI BISNIS
Didalam bisnis itu terdapat berbagai macam, tipe, dan akibatnya bisnis bisa dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Dari berbagai macam cara mengelompokkannya satu diantara yang lain cara yang digunakan untuk mengelompokannya dengan cara dari berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
• Manufaktur : adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari bahan mentah atau juga komponen-komponennya, yang kemudian dari hasil ini dijual untuk bisa mendapatkan keuntungan.
• Bisnis jasa : adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, yang mendapatkan keuntungannya itu dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan.
• Pengecer dan Distributor : adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi konsumen adalah distributor atau pengecer.
• Utilitas : adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untul public, seperti listrik dan air. Dan biasanya bisnis ini didanai dari pemerintah.
• Bisnis pertanian dan pertambangan : adalah bisnis yang memroduksi barang-barang mentah.
• Bisnis financial : adalah bisnis yang mendapatkan keuntungannya dari investasi dan pengelolaan modal.
• Bisnis informasi : bisnis yang mendapatkan keuntungan dari penjualan-kembali property intelektual.
• Bisnis real estate : bisnis yang mendapatkan keuntungan dari menjual, menyewakan, dan mengembangkan property, rumah dan bangunan.
• Bisnis transportasi : bisnis yang mendapatkan keuntungan dari mengantarkan barang atau individu dari lokasi ke lokasi lain.
Peluang usaha bisnis
Jutaan orang di seluruh penjuru dunia tentu serius untuk menekuni dan membangun bisnis sendiri. Berbagai peluang bisnis pun dicoba dan kemudian dikembangkan. Dari mereka yang mencoba peluang bisnis adalah untuk menambah pendapatan bulanan. Mungkin saja mereka banyak membuang waktu untuk mendapatkan ide bisnis yang paling sesuai dengan dirinya.
Berikut ini dalah beberapa contoh peluang bisnis yang mungkin bisa menjadi minat kita :
• Peluang Usaha pakaian : apakah kita mempunyai bakak dalam bidang ini? Atau kita menyukai fashion? Jika kita ingin bergelut didalam usaha pakaian, kita bisa merancangnya sendiri atau juga bisa menyewa orang lain untuk melakukannya. Yang selanjutnya adalah membuat berbagai macam pakaian yang tentunya cocok dengan selera dan kebutuhan target pasar.
• Peluang Usaha Waralaba : kita dapat memilih jenis waralaba ya ng menjadi minat kita. Seperti makanan, perawatan pribadi, dan sebagainya. Mungkin kita cukup mengocek kantong yang dalam untuk modal dalam usaha ini, namun modalpun akan bisa kembali dengan segera, beserta keuntungan usaha.
• Peluang Usaha Otomotif : apabila kita ingin mencoba dalam usaha bisnis ini tentu kita sudah harus paham tentang otomotif dan komponen-komponennya. Kita bisa lihat usaha jual beli mobil, layanan perawatan mobil, dan menjual aksesoris mobil. Semakin banyak orang terutama pria yang terobsesi dengan roda, maka usaha kita akan cepat berkembang dengan waktu yang tidak terlalau lama. Kita tinggal menghitung keuntungan yang dating dari usaha ini.
• Peluang Usaha Binatang Peliharaan : jika kita menyukai binatang kita bisa mulai dengan usaha salon binatang untuk kucing dan anjing. Dan juga seperti usaha perawatan binatang peliharaan, produk-produknya dan sebagainya.
• Peluang Usaha Online : semua orang mempunyai kebutuhan dari membeli rumah dan mencari pekerjaan. Orang-orang ini mencarinya melalui internet dengan berbagai cara untuk bisa memenuhinya.
TUJUAN BISNIS
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang tentunya ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan juga menjadi suatu cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan seperti produksi, pemasaran, personalia Dll yang bisa menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum dari tujuan bisnis adalah menyediakan produk berupa barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukannya.
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tentu tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen saja, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya diantaranya :
• Market Standing : penguasaan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
• Innovation : inovasi dalam produk dan inovasi dalam keahlian. Tujuan dari inovasi adalah menciptakan nilai tambah pada suatu produk. Misalnya shampoo 2 in 1.
• Manager Performance and Development : manajer adalah orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapain tujuan organisasi. Untuk bisa mengelola perusahaan dengan baik, manajer perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesi.
• Physical and Financial Resources : perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar dan menguntungkan.
• Worker performance and attitude : untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar lebih baik
• Public Responsibility : bisnis harus mempunyai tanggung jawab sosil seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja.
Rabu, 26 Januari 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar